Knowledge Management pada PT. IGP – Astra Group

PT. Inti Ganda Perdana dengan dukungan pelanggan dan penerapan standart international seperti ISO 14001, OHSAS 18001 and ISO/TS 16949, berusaha terus meningkatkan kualitas produk demi kepuasan pelanggan. Berbagai penghargaan telah diterima PT Inti Ganda Perdana berkenaan dengan kualitas, biaya, pengembangan dan waktu penyerahan. Termasuk untuk penerapan sistem pemasok just in time dan penghargaan sebagai Best Supplier.

Industri otomotif Indonesia mulai berkembang sejalan dengan kebijakan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA), dalam rangka realisasi Program Pembangunan Lima Tahun I Republik Indonesia. PT Astra International sebagai induk kelompok besar perusahaan Astra adalah salah satu pelopor industri otomotif Indonesia yang menanggani berbagai merek dunia. Sebagai anggota kelompok perusahaan tersebut IGP Group telah berperan sebagai industri pendukung yang signifikan.

IGP Group terus melakukan pembenahan terutama dalam hal Quality, Cost, Delivery dan Development sebagai bagian dari proses adaptasi pada kondisi pasar global, khususnya dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Sebagai manufaktur komponent otomotif, keberhasilan IGP Group ditandai dengan begitu banyaknya penghargaan yng telah diraih dari dalam maupun luar negeri, serta keberhasilan dalam meraih sertifikat standar mutu international seperti ISO 14001, ISO/TS 16949 serta OHSAS 18001 untuk kesehatan dan keselamatan kerja, yang merupakan syarat mutlak untuk tetap bersaing di dunia International.

Upaya untuk terus bersaing di pasar global ditandai pula dengan terbentuknya Bussiness Development pada tahun 2002 yang berperan mencermati perkembangan pasar international untuk menciptakan peluang baru. IGP Group juga menaruh perhatian besar pada kelestarian lingkungan di sekitar perusahaan, bukan karena mengikuti isu international, melainkan bentuk komitmen total IGP Group terhadap pembangunan industri yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja serta berwawasan lingkungan.

IGP Group menganggap knowledge adalah suatu aset yang sangat penting bagi perusahaan, sehingga knoledge harus dikelola dengan baik. Adapun pengelolaan knowledge pada IGP Group antara lain :

1. Learning Center

2. Learning Center Online

3. Forum Intranet

4. Documentation

5. Expert System

1. Learning Center (LC)

merupakan suatu bagian yang memberikan training bagi karyawan baru. LC juga menyediakan training-training yang dibutuhkan oleh bagian lain untuk mengupdate knowledge, LC juga sebagai sumber penyimpan knowledge bagi perusahaan.

2. Learning Center Online (LC-WEB)

merupakan situs intranet yang menyediakan berbagai materi tentang knowledge yang ada pada LC. Materi ini berupa dokumen digital (PDF,DOC,dll), Video tutorial dan dapat di download langsung melalui LC-WEB.

3. Forum Intranet

merupakan forum tanya jawab yang ada pada intranet, yang berfungsi sebagai alat pertukaran knowledge

4. Documentation

merupakan pendokumentasian dari knowledge yang sudah ada

5. Penerapan Aplikasi

suatu knowledge yang sudah baku diterapkan pada aplikasi, contoh : aplikasi Product Design