Knowledge Management pada PT. IGP – Astra Group

PT. Inti Ganda Perdana dengan dukungan pelanggan dan penerapan standart international seperti ISO 14001, OHSAS 18001 and ISO/TS 16949, berusaha terus meningkatkan kualitas produk demi kepuasan pelanggan. Berbagai penghargaan telah diterima PT Inti Ganda Perdana berkenaan dengan kualitas, biaya, pengembangan dan waktu penyerahan. Termasuk untuk penerapan sistem pemasok just in time dan penghargaan sebagai Best Supplier.

Industri otomotif Indonesia mulai berkembang sejalan dengan kebijakan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA), dalam rangka realisasi Program Pembangunan Lima Tahun I Republik Indonesia. PT Astra International sebagai induk kelompok besar perusahaan Astra adalah salah satu pelopor industri otomotif Indonesia yang menanggani berbagai merek dunia. Sebagai anggota kelompok perusahaan tersebut IGP Group telah berperan sebagai industri pendukung yang signifikan.

IGP Group terus melakukan pembenahan terutama dalam hal Quality, Cost, Delivery dan Development sebagai bagian dari proses adaptasi pada kondisi pasar global, khususnya dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Sebagai manufaktur komponent otomotif, keberhasilan IGP Group ditandai dengan begitu banyaknya penghargaan yng telah diraih dari dalam maupun luar negeri, serta keberhasilan dalam meraih sertifikat standar mutu international seperti ISO 14001, ISO/TS 16949 serta OHSAS 18001 untuk kesehatan dan keselamatan kerja, yang merupakan syarat mutlak untuk tetap bersaing di dunia International.

Upaya untuk terus bersaing di pasar global ditandai pula dengan terbentuknya Bussiness Development pada tahun 2002 yang berperan mencermati perkembangan pasar international untuk menciptakan peluang baru. IGP Group juga menaruh perhatian besar pada kelestarian lingkungan di sekitar perusahaan, bukan karena mengikuti isu international, melainkan bentuk komitmen total IGP Group terhadap pembangunan industri yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja serta berwawasan lingkungan.

IGP Group menganggap knowledge adalah suatu aset yang sangat penting bagi perusahaan, sehingga knoledge harus dikelola dengan baik. Adapun pengelolaan knowledge pada IGP Group antara lain :

1. Learning Center

2. Learning Center Online

3. Forum Intranet

4. Documentation

5. Expert System

1. Learning Center (LC)

merupakan suatu bagian yang memberikan training bagi karyawan baru. LC juga menyediakan training-training yang dibutuhkan oleh bagian lain untuk mengupdate knowledge, LC juga sebagai sumber penyimpan knowledge bagi perusahaan.

2. Learning Center Online (LC-WEB)

merupakan situs intranet yang menyediakan berbagai materi tentang knowledge yang ada pada LC. Materi ini berupa dokumen digital (PDF,DOC,dll), Video tutorial dan dapat di download langsung melalui LC-WEB.

3. Forum Intranet

merupakan forum tanya jawab yang ada pada intranet, yang berfungsi sebagai alat pertukaran knowledge

4. Documentation

merupakan pendokumentasian dari knowledge yang sudah ada

5. Penerapan Aplikasi

suatu knowledge yang sudah baku diterapkan pada aplikasi, contoh : aplikasi Product Design



21 Responses to “Knowledge Management pada PT. IGP – Astra Group”

  1. saya mau tnya,bln maret kmrin saya test di IGP taoi gagal apakah saya bisa di panggil lagi untuk test di IGP lagi?karna data-data saya masih ad di IGP GROUP.terima kasih

  2. guntur satrio.n says:

    saya mau melamar di igp tapi umur saya 20 tahun apa masih bisa?

  3. sopian says:

    saia mau melamar menjadi pegawai di PT.IGP tetapi umur saia sudah 24 tahun,kira-kira masih bisa engga yah ? mohon di jawab.

    hormat saya,

    SOPIAN

  4. Sandy Maulana says:

    Saya mau melamar d PT.IGP. umur sy bulan November ini genap 23 tahun.apakah ada btasan umur ?kmudian jika ingin melamar lwt mana.krn jika lwt web,sy prnh mncb tetapi username nya lupa,jd tdk bs dcb lg.trm ksh

  5. tgl 19 november saya terakhir tes di AHM semua tes saya lulus terkecuali untuk tes warna tidak ada toleransi jadi pas penentuan sy ggl dan sekarang tgl 03 desember panggilan lagi di IGP ASTRA GROUP,untuk segala tes mungkin sy bisa sanggupi terkecuali tes warna,apa untuk yg 1 tes ini bisa ada toleransi untuk saya??trms

  6. hartadi says:

    masukin username dan password kok susah banget,untuk melamar kerja di igp.gmn carane biar bisa log in.

  7. Setia Nugraha says:

    Saya pernah mencoba melamar di IGP. Tapi, saya belum sempat memcatat Username dan passwod nya karena mati lampu. Bagaimana caranya bisa mengetahui username saya? atau apakah ada cara lain untuk melamar lagi ? Terima kasih

  8. arif mutaqin says:

    saya pernah mengisi recruitment online di PT. igp group astra, tapi saya lupa password dan username nya,saya mencoba mendaftar kenbali tapi tidak bisa. Apa yang harus saya lakukan?
    mohon bantuannya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  9. ridwan says:

    saya pernah mengisi recruitment online di PT. igp group astra, tapi saya lupa password dan username nya,saya mencoba mendaftar kenbali tapi tidak bisa. Apa yang harus saya lakukan?
    mohon bantuannya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  10. ridwan says:

    saya nyari lowongan kerja mohon dibantu, umur saya 18thn lulusan SMK, jurusan otomotif? atas perhatianya saya ucapkan terima kasiw.

  11. Desyani says:

    Dear All,

    Mohon maaf sy tidak prnh bekerja di IGP, tp sy prnh bekerja di Astra Daihatsu (Head Office, Sunter). Jika ada yg mau melamar, dapat dikirm ke : hrd.adm@daihatsu.astra.co.id

    Terimakasih,
    -Desyani-

  12. herdi herdiansyah says:

    knp tidak ad toleransi bwt yg lupa atw tdk mencatat user name n password?
    tolong kasih jawaban.
    kemarin saya sudah dpanggil berhubung tdk bsa log in jd bingung sendiri..

  13. beberapa hari yang lalu saya coba daftar k PT.IGP..tapi pas mau log in g bisa terus…padahal user sama pasword saya catat,sampai hari ini saya belum pernah masuk. tolong bantuan dan informasinya..
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  14. saya ingin melamar kerja di PT.IGP…bgaimana cranya…tolong dibantu…

  15. saya kemaren dah daftar ko ga dapa username ma paswordnya ya
    jadinya ga bisa ngelengkapin lamaran

  16. samapi sekarang saya nganggur tolongi saya dong bapak ibu

  17. kepada yth pimpinan igp
    di tempat

    saya mau melamarpekerjaan saya jurusan tehnik elektro,
    lulusan tahun 2010,mohon kabulkan permohonan kerja saya,
    terimakasih

  18. alfan syahrendi says:

    gmn ya cra nglmar di PT.IGP,sya berniat skli untuk nglamar diperusahaan ini.tlong dibantu ya….

  19. cherudin says:

    gmn ya cra nglmar di PT.IGP,sya berniat skli untuk nglamar diperusahaan ini.tlong dibantu ya….(021-92570383) hubngi no ini ya..please..

  20. Rusdi amin tri putranto says:

    saya ingin mlamar d’PT.IGP Jl.pegangsaan kelapa gading jakarta,saya brminat ingin d’prusahaan ini…

    mhon bntuannya(+6285648308346).

  21. setyo sumar says:

    igp bisa buka cabang di daerah jogja ga ya ? di jamin pasti banyak banget tang minat ingin masuk dan menjadi karyawan di igp dan tentunyya kualitas sumber daya anak anak jogja is the best

Leave a Reply